[saya]Masih Seperti Alumni Tahun kemarin2

Ramadhan [baca Romadhon ]hampir berlalu sudah, 120 jam lagi ramadhan sudah meninggalkan kita.Ramadhan yang diwajibkan Allah SWT bagi ummat beriman dengan sangat serius dalam beberapa FirmanNya.Bahkan dalam hadist qudsinya,Allah SWT menyatakan diri-Nya sendiri sebagai penjamin pahala bagi orang yang berpuasa.Demikian juga rasuluLlah SAW begitu menyemangati orang-orang yang beriman untuk menghiasi hari-hari Ramadhan dengan ragam ibadah.

Apa saja sasaran yang akan dihasilkan didalam bulan Ramadhan ?

1.Penempaan kemauan

Penempaan Kemauan,baru mau memasuki bulan Ramadhan 3 minggu yang lalu saya sudah berkemauan besar untuk MUDIK😦 .

2.Penguatan ketabahan

Melatih kekuatan ketabahan,selama bulan Ramadhan saya baru tabah menghadapi lapar dan haus tapi dengan memalingkan rasa itu didepan kumpie,Ngechatt,Pesbukan dan main Game.Sedang tabah yang lain masih belum terlalu kuat😦 .

3.Melatih diri agar lebih mengutamakan ibadah kepada Allah SWT

Setelah tiga minggu berlalu, harusnya 10 hari terakhir dibulan Ramadhan merupakan puncaknya segala amal dan ibadah.Lain halnya dengan saya sibuk mempersiapkan keMUDIKan yang tinggal beberapa hari.I’tikaf yang harusnya dilakukan dimasjid,satu malam dihabiskan di jalan.Dan pastinya menunda ibadah-ibadah yang lainnya.

Ibarat anak sekolah,saya mungkin termasuk siswa yang hanya mendapatkan seragam dan perlengkapan sekolah,tapi berangkat sekolah hanya numpang melewati pintu gerbangnya saja.mengisi Absensi tapi tidak pernah belajar aktif,hanya bermain-main diluar kelas.Kayaknya sama ya dengan sekolah saya dulu🙂.

Bila di qiyaskan lagi dengan kualitas dalam menyikapi Ramadhan,maka Ummat terbagi menjadi empat macam.

Pertama,Muslim yang hanya memiliki status dan perlengkapan semata,tapi tidak pernah digunakan.Atinya,bagi sosok ini ramadhan tidaklah jauh berbeda dengan 11 bulan sebelumnya:sepi ibadah,kurang amal shaleh.

Kedua,Muslim yang memasuki bulan ramadhan  turut berpuasa,tapi hanya sebatas menahan lapar dan haus saja.Hari-hari Ramadhan dilalui dengan berpuasa namun perbuatan sia-sia dan syubhat masih jalan terus.Puasa tak menghalangi mata,mulut,telinga dan pikirannya untuk melihat,berbicara,mendengar dan memikirkan hal-hal yang bukan-bukan.Dan sekarang ditahun 2011 ditambah dengan jempol dan jari yang digunakan untuk pasang status,kument dan njEmpOli.

Ketiga,Muslim yang memasuki Ramadhan dengan aktifitas ibadah.Ia berpuasa,membaca Alqur’an,Qiyam Ramadhan,dan ibadah-ibadah lain.Namun intensitas ibadah dan kualitas ibadahnya masih kalah dengan waktu istirahat dan membaca status serta memberikan kument juga bersenang senang ( selain nonton TV,Bukber juga kali ya ).

Keempat, Muslim yang memanfaatkan Ramadhan dengan ragam aktifitas ibadah.Sedari mula saat ramadhan menjelang,sampai akhir datangnya bulan Syawal.Tak ada satu detikpun waktu yang disia-siakan atau bersantai ria.Benar-benar waktunya dibagi atas tiga bagian:sepertiga untuk bermunajat kepada rabb,sepertiga untuk bermuhasabahdan instropeksi diri, dan sepertiga untuk mencari rezeki yang halal.Dan hal itu juga bisa berlanjut menjadi kebiasaan setelah lepas bulan Ramadhan.

kedekatan sifat bukan kedekatan tempat.Artinya,sosok Muslim inilah yang bisa mengejawantahkan nilai-nilai Ramadhan yang ia raih dibulan-bulan berikutnya.

Pertanyaanya kemudian,kualitas alumni yang manakah yang kita raih di Ramadhan ini?

Yuuk Mudik (nah kan ketahuan !!!🙂 ).Buat yang mau mudik hati-hati dijalan semoga selamat sampai kampung halaman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: