Tak Ingin Gagal Ramadhan ?

Sebentar lagi satu atau dua hari lagi bulan agung itu telah tiba.Apa yang telah kita persiapkan?maaf maafan sesama teman dan rekan,hanya itu?iya,kalau saya lho.

Setelah baca-baca,bisa dirangkum langkah praktis mengantisipasi kemungkinan gagal dibulan suci,bisa di lihat dibawah ini:

1.Persiapan fisik dan ruhani,lewat latihan puasa (he..he.he saya gak pernah ) dan memperbanyak ibadah sunnah sejak mulai bulan Sya’ban (sekali lagi he..he..he gak pernah juga).Malah mikirin kapan mudik dan kapan pesan tiket buat mudik.Jangan sampai kondisi fisik dan stamina ruhani yang melemah membuyarkan semua harapan.

2.Pelajari berbagai aspek Ramadhan dari A sampai Z seperti adab,rukun ibadah,doa-doa dan dzikir yang mendukung suksesnya Ramadhan.Mempelajari lagi tentang Fiqih Ramadhan sangatlah penting ( apalagi Wustho aja gak lulus😛 ).

3.Rancanglah aktivitas sehari hari salama Ramadhan,Misalkan Seperti kegiatan utama sholat,tadarus,ta’lim,menimba ilmu,menghafal surah dan membaca buku.Ngenet juga boleh tapi jangan buka buka situs yang dilarang Kemenkominfo  ya.

Dan yang penting nih,Belanja Lebaran—jika tak bisa dihindari,lakukan sebelum Ramadhan.Yaach…THR keluar pas pertengahan Ramadhan.Banyak yang sudah berhasil dengan cara ini.

4.Tentukan target dan prosentase keberhasilan dari tiap program yang telah dicanangkan.Tumbuhkanlah semangat untuk sholat berjamaah,menimba ilmu di majelis ta’lim,pesantern dan sebagainya.(maaf selama ini target saya lemburan buat persiapan mudik xi.xi.xi.xi)

5.Jaga waktu tidur dimalam-malam Ramadhan.Kegiatan yang harus diladahulukan dari yang lainnya adalah QiyamulLail.Usahakan tidur lebih awal dan bangun di sepertiga malam.(kalau ini saya No Comment,tetep gak bisa)

6.Bukalah pintu maaf sedari sekarang,serta mintalah maaf kepada sebanyak mungkin manusia yang selama ini terlibat langsung ataupun tidak dengan tindakan,perkataan, dan kehidupan kita.Nah dikesempatan ini saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada orangtua saya,mertua saya,istri saya,anak-anak saya,saudara-saudara saya,tetangga saya,teman-teman saya,rekan-rekan kerja saya,atasan saya,dan semua manusia dimuka bumi yang pernah terdholimi oleh saya“.

7.Jaga panca indera,kendalikan lidah seketat mungkin,Jaga mata dan tahan pandangan (susah untuk yang satu ini😀 ),Jaga pendengaran dari segala hal yang makruh,dan hal-hal yang tidak ada kaitannya dengan keberhasilan Ramadhan.

8.Mudahkanlah memberi pupuklah semangat Berbagi.

9.Mintalah kepada Allah SWT agar tidak menjadi kelompok orang yang gagal melalui Ramadhan kali ini.Mintalah terus sampai meleleh ,menetes air dari kedua mata.

Semoga kita termasuk orang yang sukses

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: